Menu Click to open Menus
Selamat datang di CU Mekar Kasih Makassar
Home » ABOUT CUMK

ABOUT CUMK

 

Multikrisis yang menimpa masyarakat juga menimpa sebagian besar dari umat Katolik, khususnya di Kota Makassar dan sekitarnya. Keterbelakangan, kemiskinan, minimnya akses terhadap sumber modal, gaya hidup konsumtif dan sejumlah masalah sosial ekonomi lainnya membuat Komisi PSE Keuskupan KAMS merancang berdirinya sebuah lembaga keuangan yang dapat mengayomi masyarakat kecil, sekaligus menjadi wadah mempersiapkan finansial keluarga untuk masa depan yang lebih baik. Diawali dengan sejumlah pertemuan dengan tokoh-tokoh umat, pada tanggal 29 Juli 2007 Komisi PSE KAMS dan BKCUK  akhirnya memfasilitasi berdirinya sebuah Credit Union bersama 102 orang yang mewakili umat dari dalam Kota Makassar dan wilayah disekitarnya.

Credit Union ini kemudian diberi nama “Mekar Kasih” dengan harapan dapat menjadi wadah bagi semua orang yang ingin memajukan ekonominya dan memperjuangkan masyarakat bebas dari kemiskinan dengan Kasih menjadi landasan dari setiap kegiatan di dalam wadah tersebut.

Saat lokakarya Pendirian CU ini, sejumlah alternatif nama muncul, namun peserta lokakarya sepakat memberi nama “Mekar Kasih”. Latar Belakang dan harapan dibalik nama “Mekar Kasih” sebagai berikut:

  1. Mekar berarti mulai berkembang. Makna mekar adalah mengalami kemajuan jasmani dan rohani. Kemajuan jasmani adalah kemajuan kesejahteraan melalui modal yang kita kumpulkan. Kemajuan rohani adalah bahwa CUMK mengupayakan perbaikan SDM.
  2. Mekar berarti keterbukaan, siap menerima siapa saja yang ingin bergabung. Mekar juga berarti keinginanan untuk memberdayakan diri semaksimal mungkin.
  3. Mekar melambangkan melepaskan diri dari kesulitan, adanya semangat baru, harapan baru, hati yang bersih untuk maju dengan mengedepankan kasih
  4. Kasih berarti melayani, memberi. Makna : Adanya totalitas dalam pelayanan kepada anggota dan masyarakat umum. Kasih juga berarti kekal abadi. Kita yakin CU ini akan bertahan dan berkembang terus menerus.
  5. Kasih memiliki nilai universal, ada dalam semua agama. Kasih adalah kunci dari sikap Yesus. Kasih adalah “care” yaitu berpihak pada kaum yang lemah, ada unsur “sacrifice” (pengorbanan) dan “service” (pelayanan)
  6. Kasih menjadi kekuatan dari segala aktivitas CUMK. Kasih hendaknya dibagi dan menjangkau banyak pihak.