Menu Click to open Menus
Selamat datang di CU Mekar Kasih Makassar
Home » cumk-news » Mengelola Keuangan Keluarga, Sebuah Panduan Singkat

Mengelola Keuangan Keluarga, Sebuah Panduan Singkat

(39 Views) May 6, 2018 4:48 am | ditulis oleh | Belum ada komentar

Kiat mengelola keuangan mengundang banyak pertanyaan yang tidak mudah dijawab bagi kebanyakan orang. Mengapa? Karena ini harus dipraktekkan dulu sebelum bercerita kepada orang lain. Adalah tidak mungkin bercerita mengenai kiat menabung tanpa kita punya tabungan. Dalam artikel ini saya bahas 4 tips untuk mengelola keuangan keluarga yang dapat membantu siapapun untuk mengurangi beberapa tekanan keuangan dalam jangka panjang. Panduan ini sederhana, tetapi terkadang menerapkan perubahan paling sederhana pada gaya hidup dapat membuat perbedaan besar dan positif terhadap situasi keuangan Anda.

  1. Belanjakan Kurang Dari Anda Dapatkan

Demi menjaga risiko mengelola keuangan keluarga, untuk kemajuan secara finansial, kita harus membelanjakan lebih sedikit daripada yang dihasilkan. Dengan munculnya kartu kredit, jalur kredit, dan pinjaman toko tanpa bunga, tidak pernah semudah itu untuk membelanjakan uang yang belum didapatkan. Itu sebabnya saya menjadi penggemar sistem awam lama yang hampir usang sekarang ini. Sepertinya sesuatu dari zaman kegelapan; Anda menyimpan deposit pada suatu barang, melunasi cicilan sampai dibayar penuh dan kemudian membawa pulang barang Anda. Satu tanda yang mengatakan bahwa Anda membelanjakan lebih dari yang Anda hasilkan adalah Anda tidak dapat membayar kartu kredit Anda secara penuh pada akhir bulan. Atau, lebih buruk lagi, jika Anda harus menarik kembali uang dari hipotek untuk menutupi tagihan bulanan.

mengelola keuangan keluarga

  1. Ketahui Angka Pengeluaran Anda!

Anda tidak dapat mengelola apa yang tidak pernah dihitung. Ini berarti untuk mengelola keuangan keluarga kita harus pastikan pendapatan dan pengeluaran keluarga. Untuk menempatkan titik awal, Anda perlu tahu berapa yang sebenarnya Anda habiskan. Sangat sedikit orang yang dapat dengan yakin menyatakan berapa banyak yang mereka habiskan untuk bahan makanan, tagihan atau barang-barang lain. Gunakan spreadsheet untuk mulai menghitung pengeluaran keluarga. Cobalah selama sebulan untuk mempelajari apa yang dibelanjakan. Anda mungkin terkejut dengan hasilnya!

  1. Fokus Pada Anggaran Anda.

Ketika dihadapkan dengan keputusan tentang liburan, adalah bijaksana untuk memberi diri waktu dan ruang untuk berpikir. Ingat, saat ini kita sedang fokus latihan mengelola keuangan keluarga. Itulah sebabnya banyak calon pembeli rumah menggunakan pengacara atau agen pembeli untuk mengajukan penawaran pada lelang atas nama mereka. Mengabaikan perasaan dan berpikir dengan kepala yang jernih memberi Anda kesempatan untuk mempertimbangkan apakah benar-benar membutuhkan barang yang dibeli.

  1. Jangan Membeli Hal Yang Tidak Dapat Anda Miliki.

Jika satu-satunya cara membeli item adalah menggunakan kartu kredit atau penawaran tanpa bunga, maka itu mungkin pertanda baik bahwa kita tidak mampu membelinya. Tawaran bebas bunga hanya menunda rasa sesal. Jangan membeli yang tidak mampu anda beli.

Demikian kiat mengelola keuangan keluarga, semoga bermanfaat bagi pembaca

This post was written by admin
tentang

Admin Koperasi Credit Union Mekar Kasih Makassar

Tags:
dalam kategori:

Belum ada komentar untuk Mengelola Keuangan Keluarga, Sebuah Panduan Singkat

Leave a Reply